Cara Menentukan Target Market

Cara Menentukan Target Market – met pagi guys, kali ini gua bakal ngajarin kalian bagaimana cara menentukan target pasar supaya kalian bisa mempromosikan produk kepada orang yang tepat dan orang yang membutuhkan produk anda. Kesalahan yang sering dilakukan oleh marketer sekarang adalah asal promosi tanpa menentukan target market mereka, dan akhirnya dilanda kesepian pelanggan. Menentukan target market sangatlah penting karena produk kita hanya akan dibeli oleh orang yang minat dan butuh akan produk kita. Jika kita mempromosikan produk kita pada orang yang salah maka tentu saja kita tidak akan ada yang akan membeli produk kita. Nah langsung saja ke cara menentukan target market.

CARA MENENTUKAN TARGET MARKET

Cara Menentukan Target Market

Dalam menentukan target market anda harus mengetahui manfaat produk anda dan siapa saja yang akan membutuhkan produk anda. Selain itu masih ada faktor geografi, usia, penghasilan, dan lain-lain. Berikut adalah faktor cara menentukan target market.

FAKTOR GEOGRAFI

Sebagai marketer anda harus bisa memahami faktor goegrafi dari calon pelanggan anda, anda juga harus tau dimana saja produk anda akan bermanfaat dan dibutuhkan oleh orang. Karena dengan demikian akan lebih memungkinkan produk anda terjual. Anda bisa menentukan daerah mana yang berpotensi untuk membeli produk anda sesuai kebutuhan pelanggan, jangan anda mempromosikan produk anda pada daerah market yang tidak relevan dengan produk yang anda jual. Contoh anda menjual daging babi di daerah orang muslim, tentu saja produk anda akan tidak laku dan bisa saja di boikot. Jadi perhatikan faktor geografi dari pelanggan anda.

FAKTOR USIA

Kita diwajibkan tau untuk umur berapa produk kita dapat digunakan, contoh jika produk kita adalah sebuah handphone maka target pasar kita adalah semua usia, namun jika produk kita adalah suplemen lansia maka tentu saja target market kita adalah orang tua yang sudah lanjut usia. Contoh lagi jika produk kita adalah susu bayi maka target market kita bukan lah bayi, namun target market kita adalah ibu yang baru melahirkan dan ibu yang menyusui. Dalam menentukan target market kita juga harus bisa melogika siapa yang akan membeli produk kita, karena tidak mungkin seorang bayi akan membeli susu bayi sendiri.

FAKTOR PENGHASILAN

Anda harus bisa menentukan harga produk yang sesuai dengan kantong pelanggan anda, atau anda harus bisa mencari pelanggan yang mampu untuk membeli produk anda. Meskipun anda sudah mencari pelanggan yang membutuhkan produk anda namun pelanggan tersebut tidak mampu untuk membeli produk anda maka hal itu akan sia sia jika anda mempromosikan produk kepada orang yang tidak mampu untuk membeli produk kita.

FAKTOR EKSISTENSI

Dalam hal ini anda harus bisa mengikuti hal hal yang sedang eksis, virall, atau yang sedang hot. Jadi anda bisa dengan mudah menjual produk anda di kalangan pelanggan yang kekinian dan yang ingin ikut eksis dengan menggunakan produk yang sedang eksis. Eksistensi akan membuat produk anda memiliki nilai tambah yang luar biasa, anda bisa menaikkan harga dari produk melalu eksistensi produk yang anda jual kepada konsumen.

Kurang lebih seperti itulah cara menentukan target market yang harus anda ketahui sebagai seorang marketer, dan anda harus paham dengan hal di atas. Nah sedikit info juga nih guys buat kalian yang mau pasang iklan murah. Pasang iklan murah di zoteromedia.com untuk kalian yang ingin mempromosikan produk anda dengan mudah serta dengan biaya yang murah. Info juga untuk kalian yang sudah memiliki website atau blog namun belum bisa halaman 1 google anda bisa menggunakan jasa cariberkah.com karena kami menawarkan jasa seo murah untuk anda.

Sekian dulu guys dari gua, sampai jumpa di postingan yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *